Sayyid Aḥmad bin Idrîs: Tiga Kunci Langit dan Bumi dari Rasulullah

Sayyid Aḥmad bin Idrîs al-Ḥasanî al-Magribî adalah salah satu wali terkemuka pada abad ke-13 Hijriah, dan termasuk ahlul bait dari jalur Imam Ḥasan as. bin Imam ‘Ali as. dan Sayyidah Fatimah az-Zahrâ’ as. Beliau merupakan pendiri Tarekat Idrisiyyah yang sangat terkenal (Syekh Yûsuf bin Ismâ‘îl an-Nabhânî, Jâmi‘ Karâmât al-Awliyâ’, I, 2001: 566-567) dan masih eksis sampai sekarang mewarnai dan menuntun kehidupan manusia di pelbagai negara termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, Tarekat Idrisiyyah termasuk bagian dari 45 Thariqah Mu’tabarah versi Nahdlatul Ulama (NU).

Salah satu karomah Sayyid Aḥmad bin Idrîs yang sangat terkenal adalah mendapatkan Zikir al-Makhṣûṣ, Salawat al-‘Aẓîmiyyah, dan Istigfar al-Kabîr secara langsung dari Rasulullah saw. dalam keadaan terjaga dan sadar. Suatu hari, Sayyid Aḥmad bin Idrîs pernah bertemu dan berkumpul (duduk) bersama Rasulullah saw. dan Nabi Khidir as. secara nyata dalam keadaan terjaga dan sadar (Jâmi‘ Karâmât al-Awliyâ’, hlm. 572 dan Sayyid Ṣâliḥ al-Ja‘farî, Miftâḥ Mafâtiḥ Kunûz as-Samâwât wa al-Arḍ al-Maḥzûnah, 2001: 12-16).

Dalam pertemuan agung itu, Rasulullah saw. menyuruh Nabi Khidir as. mendikte zikir-zikir Tarekat Syadziliyah kepada Sayyid Aḥmad bin Idrîs di hadapan Baginda Nabi saw. Setelah melakukannya, Nabi Khidir as. diperintah lagi oleh Rasulullah saw. untuk mendikte wirid (Zikir al-Makhṣûṣ, Salawat al-‘Aẓîmiyyah, dan Istigfar al-Kabîr) yang meliputi seluruh zikir, salawat, dan istighfar, dan memiliki pahala yang paling utama dan jumlah yang paling banyak.

Namun, Nabi Khidir as. tidak tahu wirid tersebut seraya berkata: “Wirid yang mana, wahai Rasulullah?” Rasulullah saw. menjawab: “Katakanlah:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ عَدَدَ مَا وَسِعَهُ عِلْمُ اللهِ.

Rasulullah saw. dan Nabi Khidir as. mengulangi Zikir al-Makhṣûṣ tersebut sampai tiga kali, yang kemudian diikuti oleh Sayyid Aḥmad bin Idrîs sebanyak tiga kali juga.

Baca Juga:  Ibn Bajjah: Sosok Al-Farabi dari Negeri Maghrib

Rasulullah saw. kemudian memerintahkan Nabi Khidir as. agar membaca Salawat ‘Aẓîmiyyah, yaitu:

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ بِنُوْرِ وَجْهِ اللهِ الْعَظِيْمِ، اَلَّذِيْ مَلَأَ أَرْكَانَ عَرْشِ اللهِ الْعَظِيْمِ، وَقَامَتْ بِهِ عَوَالِمُ اللهِ الْعَظِيْمِ، أَنْ تُصَلِّيَ عَلَى مَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ ذِى الْقَدْرِ الْعَظِيْمِ، وَعَلَى آلِ نَبِيِّ اللهِ الْعَظِيْمِ، بِقَدْرِ عَظَمَةِ ذَاتِ اللهِ الْعَظِيْمِ، فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ عَدَدَ مَا فِى عِلْمِ اللهِ الْعَظِيْمِ، صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ اللهِ الْعَظِيْمِ، تَعْظِيْمًا لِحَقِّكَ يَا مَوْلاَنَا يَا مُحَمَّدُ يَا ذَا الْخُلُقِ الْعَظِيْمِ، وَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ مِثْلَ ذَلِكَ، وَاجْمَعْ بَيْنِيْ وَبَيْنَهُ كَمَا جَمَعْتَ بَيْنَ الرُّوْحِ وَالنَّفْسِ ظَاهِرًا وَبَاطِنًا يَقَظَةً وَمَنَامًا وَاجْعَلْهُ يَارَبِّ رُوْحًا لِذَاتِى مِنْ جَمِيْعِ الْوُجُوْهِ فِى الدُّنْيَا قَبْلَ الْآخِرَةِ يَاعَظِيْمُ.

Setelah itu, Rasulullah saw. menyuruh Nabi Khidir as. membaca Istigfar al-Kabîr, yaitu:

أَسْتَغْرُ اللهَ الْعَظِيْمَ، الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّوْمَ، غَفَّارَ الذُّنُوْبِ ذَا الْجَلاَلِ وَالْإِكْرَامِ، وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ مِنْ جَمِيْعِ الْمَعَاصِى كُلِّهَا وَالذُّنُوْبِ وَالْآثَامِ وَمِنْ كُلِّ ذَنْبٍ أَذْنَبْتُهُ عَمْدًا وَخَطَئًا ظَاهِرًا وَبَاطِنًا قَوْلاً وَفِعْلاً فِى جَمِيْعِ حَرَكَاتِى وَسَكَنَاتِى وَخَطَرَاتِى وَأَنْفَاسِى كُلِّهَا دَائِمًا أَبَدًا سَرْمَدًا مِنَ الذَّنْبِ الَّذِى أَعْلَمُ وَمِنَ الذَّنْبِ الَّذِى لاَ أَعْلَمُ عَدَدَ مَا أَحَاطَ بِهِ الْعِلْمُ وَأَحْصَاهُ الْكِتَابُ وَخَطَّهُ الْقَلَمُ وَعَدَدَ مَا أَوْجَدَتْهُ الْقُدْرَةُ وَخَصَّصَتْهُ الْإِرَادَةُ وَمِدَادَ كَلِمَاتِ اللهِ كَمَا يَنْبَغِى لِجَلاَلِ وَجْهِ رَبِّنَا وَجَمَالِهِ وَكَمَالِهِ وَكَمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَيَرْضَى.

Sayyid Aḥmad pun membaca Salawat ‘Aẓîmiyyah dan Istigfar al-Kabîr tersebut mengikuti Rasulullah saw. dan Nabi Khidir as., di mana beliau kemudian mendapatkan limpahan cahaya dan kekuatan muḥammadiyyah dan pandangan ilâhiyyah.

Rasulullah saw. berkata: “Wahai Aḥmad, sungguh aku telah memberimu kunci-kunci langit dan bumi, yaitu Zikir al-Makhṣûṣ, Salawat ‘Aẓîmiyyah, dan Istigfar al-Kabîr. Satu kali (membaca) Zikir al-Makhṣûṣ, Salawat ‘Aẓîmiyyah, atau Istigfar al-Kabîr setara dengan dunia dan akhirat dan seluruh isinya yang berlipat ganda”. Setelah itu, Rasulullah saw. mendikte Zikir al-Makhṣûṣ, Salawat ‘Aẓîmiyyah, dan Istigfar al-Kabîr kepada Sayyid Aḥmad tanpa perantara. Oleh karena itu, Sayyid Aḥmad mendikte ketiga bacaan tersebut kepada para murid sebagaimana didiktekan oleh Rasulullah saw. kepadanya.

Baca Juga:  Membangun Kembali Pengetahuan Religius dalam pandangan Muhammad Iqbal

Rasulullah saw. juga berkata kepada Sayyid Aḥmad: “Lâ ilâha illallâh muḥammadur rasûlullâh fî kulli lamḥatin wa nafasin ‘adada mâ wasi‘ahû ‘ilmullâh. Aku menyimpan kalimat ini hanya untukmu, wahai Aḥmad, dan tidak ada seorang pun yang menerima kalimat ini sebelum kamu. Ajarkanlah kalimat ini kepada sahabat-sahabatmu, sehingga berkat kalimat ini kedudukan mereka di sisi Allah bisa melampaui orang-orang terdahulu”.

Penulis sendiri pernah dididik membaca Zikir al-Makhṣûṣ (lâ ilâha illallâh muḥammadur rasûlullâh fî kulli lamḥatin wa nafasin ‘adada mâ wasi‘ahû ‘ilmullâh) setiap habis salat fardu sebanyak tiga kali ketika nyantri di Pesantren Banyuanyar, Pamekasan, Madura. Dalam hal ini, KH. Muhammad Syamsul Arifin (atau Ustaz yang sedang menggantikan beliau menjadi imam) biasanya langsung memimpin zikir (berupa tasbih, tahmid, takbir, istigfar, dan tahlil) setiap habis melaksanakan salat fardu berjamaah dengan para santri di masjid. Zikir al-Makhṣûṣ ini dibaca tiga kali sebelum membaca tahlil.

Zikir al-Makhṣûṣ ini juga diajarkan di Pesantren Darul Musthofa, Tarim, Yaman. Menurut saudara penulis, Fahmi Saifuddin (alumni Darul Musthofa), salah satu wirid yang diajarkan oleh Habib Umar bin Hafiz di Darul Musthofa adalah lâilâha illallâh muḥammadur rasûlullâh fî kulli lamḥatin wa nafasin ‘adada mâwasi‘ahû ‘ilmullâh. Wirid ini biasa dibaca setiap habis salat fardu sebanyak empat kali secara istikamah. Adapun Salawat ‘Aẓîmiyyah merupakan salah satu salawat yang paling utama (afḍal aṣ-ṣalawât) kepada Rasulullah saw. menurut Syekh Yûsuf bin Ismâ‘îl an-Nabhânî (lihat Afḍal aṣ-Ṣalawât ‘alâ Sayyid as-Sâdât, hlm. 61-62). Wa Allâh A‘lam wa A‘lâ wa Aḥkam…

0 Shares:
You May Also Like