Judul Buku : Media Pembelajaran Inovatif
Penulis : Dr. Nurdyansyah, S.Pd., M.Pd
Penerbit : Umsida Press
Tebal Halaman : 211 Halaman
ISBN : 978-602-5914-71-3
Guru menjadi tokoh utama yang memegang peranan penting dalam transfer pengetahuan kepada peserta didik. Seorang guru tidak hanya dituntut untuk menguasai mata pelajaran saja melainkan harus menguasai pengetahuan, media pengajaran, tehnik mengajar, memahami betul dunia siswa dan perkembangan teknologi.
Kegiatan pembelajaran pada era modern ini menuntut adanya sarana pendukung yang mampu memenuhi kebutuhan pendidikan baik dari segi peralatan dan pesan yang terkandung di dalamnya. Hal ini menjadi tantangan bagi pendidik untuk mampu mengelolah kegiatan pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan berkesan bagi peserta didik. Oleh karena itu, dalam suatu proses pembelajaran tentunya membutuhkan media, di mana media ini sebagai alat bantu dalam proses penyaluran suatu informasi kepada peserta didik.
Terkiat hal ini dalam surah al-Nahl ayat 44 menjelaskan “Kami Turunkan kepadamu Al-Qur’an, agar kamu menerangkan pada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan”. Oleh para pakar ayat ini menjadi dasar penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar itu sendiri. Al-Qur’an pada hakikatnya telah memperkenalkan berbagai jenis media yang digunakan dalam menyampaikan suatu pembelajaran. Misalnya dalam surah al-Baqarah ayat 31 mengambarkan media pembelajaran dari segi visual yaitu Allah mengajarkan kepada Nabi Adam tentang nama-nama benda dan gambaran bentuknya yang ada di bumi. Ada juga media pembelajaran audio dapat dilihatkan dalam kandungan surah al-Alaq ayat 96.
Buku berjudul Media Pembelajaran Inovatif yang ditulis oleh Nurdyansyah hadir dengan memfokuskan pemahaman pada konsep belajar dan media pembelajaran yang inovatif. Buku ini terbagi menjadi lima pokok bahasan yang tersusun secara sistematis dan praktis. Tiga bagian pada buku ini memaparkan terkait media pembelajaran secara umum yang diawali dengan pembahasan konsep dasar belajar dan media pembelajaran dan macam-macam media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Kemudian dua bagian terakhir buku ini, kita disuguhkan dengan pemaparan pokok terkait judul buku, yaitu konsep dan desain media pembelajaran yang inovatif.
Membaca buku ini, kita disuguhkan teori terkait konsep belajar dan media pembelajaran, sehingga setelah membacanya, kita dapat menerapkan media pembelajaran yang inovatif terutama bagi para pendidik kepada peserta didik. Media pembelajaran sebagai salah satu komponen pembelajaran berperan penting dalam kegiatan belajar mengajar yang mempengaruhi kualitas proses dan hasil yang dicapai karena di dalamnya selain melibatkan pendidik dan peserta didik sebagai peran utamanya juga melibatkan materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran serta penilaian. Masing-masing komponen tersebut saling berkaitan dalam proses dan keberhasilan pembelajaran. Kedudukan media pembelajaran tidak hanya sebagai penyalur pesan yang dikendalikan orang melainkan juga dapat menggantikan sebagian tugas seorang guru dalam menyajikan materi pembelajaran. Berbagai macam media pembelajaran yang dapat kita temui, misalnya media pembelajaran elektronik, media pembelajaran cetak, digital, media fotografi, film bingkai, film rangkai, rekaman audio, media film, rekaman video. Sebaik apapun suatu media pembelajaran tidak akan efektif tanpa ada dukungan metode yang tepat dan guru yang terampil memanfaatkan suatu media pembelajaran.
Banyaknya desain pembelajaran memunculkan perbedaan dalam pendekatannya sesuai dengan model yang diterapkan. Hal ini secara tidak langsung memberikan kesempatan luas bagi para pendidik untuk memilih dan mengembangkan media pembelajaran yang ada sesuai dengan kebutuhan dalam menunjang proses peralihan pengetahuan ke peserta didik. Beberapa jenis media pembelajaran yang dijelaskan dalam buku karya Nurdyansyah ini, yaitu blended learning, media berbasis multimedia, komputer, dan quipper school. Berbagai macam media yang ada memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, keberhasilan penerapannya tergantung pada kesesuaian kebutuhan pada proses belajar mengajar itu sendiri serta keterampilan pendidik untuk menilainya.
Dasar desain pembelajaran ini didefinisikan oleh banyak pakar, disimpulkan bahwa desain pembelajaran merupakan sebuah kisi-kisi atau perumusan kegiatan belajar mengajar yang akan diterapkan dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan di lapangan agar tercapai mutu pembejaran yang diinginkan. Maka dari itu, di dalam buku ini dijelaskan 6 langkah dalam membuat desain media pembelajaran yang inovatif, sehingga sangat membantu pendidik dalam menyesuaikan kebutuhan dalam proses pembelajaran agar tercapai tujuan yang diinginkan.
Buku Media Pembelajaran Inovatif karya Nurdyansyah ini perlu dibaca khususnya kalangan pendidik sebagai acuan untuk menentukan dan membuat media seperti apa yang sesuai dalam pembelajaran sehingga sampai dengan baik kepada peserta didik. Selain dari segi teori yang dipaparkan, buku ini dilengkapi dengan gambar yang dapat memudahkan pembaca dalam memahami teori yang disajikan dan warna yang ada memberikan kesan hidup buku ini sehingga tidak suram.