MAKNA DOA SAPU JAGAT

Salah satu doa yang paling sering dan paling mudah dibaca seorang Muslim adalah:

رَبَّنَا اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 “Wahai Tuhan kami, anugerahi kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan jauhkan kami dari api neraka”.

Doa ini dikenal sebagai doa “sapu jagat”, lengkap, singkat, padat, mencakup semua yang dihajatkan manusia.

Hasanah secara literal berarti baik, kebaikan. Maka arti fi al dunya hasanah adalah kebaikan di dunia. Dalam elaborasinya atas kata ini para ahli tafsir mengatakan bahwa kebaikan di dunia adalah kesejahteraan dan kebahagiaan yang meliputi tiga dimensi. Yakni rohani (mental dan spiritual), jasmani (tubuh, badan) dan sosial. Kesejahteraan yang pertama antara lain meliputi kecerdasan intelektual, moral dan mental. Kesejahteraan kedua antara lain: tubuh yang sehat, tidak cacat, tidak luka, kuat dan indah. Sementara kebaikan yang ketiga adalah kemampuan finansial (ekonomi) dan kehormatan diri.

Ahli tafsir terkemuka, Fakhr al-Din al Razi berpendapat bahwa kebaikan dunia adalah hidup aman, anak-anak (generasi) yang saleh (berakhlak mulia), pasangan yang berakhlak mulia, rezeki yang mencukupi dan aman dari kekerasan. (Lihat: Al-Razi, Al-Tafsir al-Kabir).

Ahli tafsir lain, Ibnu Katsir mengatakan bahwa doa tersebut mengandung semua tindakan yang membawa kebaikan dan terhindar dari semua keburukan. Kebaikan di dunia meliputi; tubuh yang sehat, tidak berpenyakit (‘afiah), tempat tinggal yang lapang, pasangan yang menarik, rezeki yang cukup, ilmu yang bermanfaat, amal saleh (kerja-kerja yang baik), kendaraan yang nyaman dan kehormatan diri yang terjaga. Sementara kebaikan di akhirat adalah kebahagiaan dan surga. (Lihat: Tafsir Al-Qur’an al-‘Azhim).

Baca Juga:  Betapa Istimewanya Ketika Hidup Damai dalam Keberagaman
1 Shares:
You May Also Like
Read More

Tentang Neraka

Haidar Bagir Pembina Nuralwala: Pusat Kajian Akhlak dan Tasawuf Di antara salah satu masalah yang perlu dijelaskan berkaitan…