Tepat di Hari Kesehatan Mental Sedunia, Nuralwala Menggelar Kelas Islam dan Kesehatan Mental

Selamat merayakan World Mental Health Day atau Hari Kesehatan Mental Sedunia. Hari ini, 10 Oktober 2022 kita diingatkan akan pentingnya menjaga kesehatan mental seperti halnya menjaga kesehatan fisik.

Kesehatan mental (mental health) merupakan isu yang cukup banyak menyedot perhatian masyarakat modern akhir-akhir ini. Isu ini banyak didiskusikan, diseminarkan, dan dikaji dengan berbagai perspektif.

TTahun ini, Nuralwala turut menyambut baik Hari Kesehatan Mental Sedunia dengan menyelenggarakan Kelas Islam dan Kesehatan Mental secara hybrid, dengan menghadirkan para pembicara yang ahli dalam bidang kesehatan mental seperti: Dr. Haidar Bagir (Pegiat Filsafat Islam dan Tasawuf, dan Pemerhati Isu-isu Mental Health), Dr. Cipta Bakti Gama (Penulis Buku Fondasi Psikopatologi Islam), dan Alia Mufida, M.Psi (Psikolog Klinis). Dengan demikian, kelas ini mencoba menggali dan memahami isu-isu kesehatan mental yang ditinjau dari perspektif ilmu psikologi modern, filsafat, tasawuf, dan tafsir Al-Qur’an.

Kegiatan ini dibagi dalam serangkaian acara yang dimulai dari tanggal 10 sampai 12 Oktober 2022. Pertemuan perdana kelas ini diisi oleh Dr. Haidar Bagir. Dalam pembahasannya, penulis buku Islam Risalah Cinta dan Kebahagiaan itu memberikan catatan bahwa kebahagiaan adalah persoalan ruhani (spiritual). Maka, berorientasi hanya pada pemenuhan kepuasan fisik semata jelas tak menjamin kebahagiaan. Selanjutnya, narasumber juga menawarkan resep praktis meraih kebahagiaan yaitu kebahagiaan hanya bisa dicapai dengan memberi kebaikan dengan membantu dan memberi sebanyak-banyaknya.

Melalui rangkaian kegiatan ini, Nuralwala berharap semoga kesadaran masyarakat terkait mental illness semakin meningkat, sehingga menurunkan stigma negatif terhadap mereka yang bergejala;  dan mengajak kepada semua peserta agar selalu hidup dengan berbagi cinta dan berbuat sebaik mungkin. Semoga kebahagiaan selalu menyembul dalam aktivitas kita semua.

Baca Juga:  Ceruk Kita Sesi Kedua: Reskriptura Cahaya di Atas Cahaya
0 Shares:
You May Also Like
Read More

Menguak Alam Imajinal

Haidar Bagir Dewan Pembina Nuralwala Dalam khazanah spiritualitas Islam (sufisme, ‘irfan, isyraqiyah, atau hikmah), biasanya diterima adanya tiga…